Definisi Pemanenan di Perkebunan Kelapa Sawit - widiantoro

Salam pembaca setia

Batman Begins - Help Select

Artikel Terbaru

Saturday 14 October 2017

Definisi Pemanenan di Perkebunan Kelapa Sawit

PEMANENAN

Salam mitra tani… salam bahagia seluruh petani sawit jika sudah memasuki fase yang ditunggu-tunggu ini, tidak salah lagi masa panen adalah masa dimana jeripayah kita akan terbayar dengan buah yang akan kita potong dan kemudian menjadi pundi-pundi rupiah.

Dalam proses ini petani akan mengetahui bagaimana hasil dari pekerjaan mereka, apakah sesuai atau tidaknya nanti bergantung pada banyak dan sedikitnya jumlah buah yang akan mereka dapat setelah proses pemanenan selesai.

Pengertian panen sendiri memiliki definisi, Pekerjaan potong buah yang menjadi pekerjaan utama di perkebunan kelapa sawit khususnya. Berbeda dengan panen yang biasa dilakukan pada kebun-kebun lain misalkan:
·           Kebun kakau
·           Kebun kelapa
·           Kebun karet
·           Kebun teh
·           Kebun tembako
·           Kebun kopi
Pada perkebunan kelapa sawit terdapat pola dalam rotasi pemanenan. Rotasi disini maksudnya jangka waktu panen yang bisa dilakukan setiap 1 kali  2 minggu. Jadi proses pemanenan hanya terjadi 2 kali pada setiap bulan untukn setiap blok lahan, karena tidak semua batang selalu memiliki rotasi yang sama.

Sedikit yang perlu anda ketahui kelapa sawit juga mengalami naik turun kuantitas panen yang datar secara grafik setiap tahunnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih…



No comments:

Post a Comment