Kriteria Panen Buah di Perkebunan Kelapa Sawit - widiantoro

Salam pembaca setia

Batman Begins - Help Select

Artikel Terbaru

Tuesday 17 October 2017

Kriteria Panen Buah di Perkebunan Kelapa Sawit

Salam hangat petani… setelah kita membahan definisi tentang panen di perkebunan kelapa sawit, kini kita akan melanjutkan pembahasan ini dengan materi criteria (cirri-ciri) atau syarat yang harus dipenuhi dalam proses pemanenan.

Karena dalam melakukan pekerjaan pemanenan ini, sangat penting memperhatikan syarat-syarat apa yang harus memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam tahapan ini akan menentukan resiko dari hasil kerja yang telah kita lakukan. Kesalahan pada tahap ini akan meningkatkan resiko kerugian secara ekonomis yang bisa dikatakan, cukup mempengaruhi hasil dari kalkulasi nantinya.

Yang perlu kita tahu dalm tahap panen yaitu criteria panen buah. Ada 3 aspek penting yang harus kita terapkan saat melangsungkan proses pemanenan ini yang akan saya rincikan dibawah ini :

Kriteria Panen
·      10 brondolan segar per janjang yang jatuh secara alami di piringan sebelum dipanen.
·       Pangkal tandan dipotong cangkem kodok
·       Songgo 2 untuk kelapa sawit yang masih menggunakan dodos, Songgo 1 untuk kelapa sawit yang   menggunakan egrek.

Dari ketiga lampiran diatas harus tepat dalam pelaksanaannya. Karena dengan menerapkan 3 metode diatas akan mempermudah pekerjaan kita dalam tahap panen. Singkat kata artikel ini hanya definisi setiap garis besar dari artikel utama yang telah saya postkan beberapa hari lalu. Semoga bermanfaat. Terimakasih…

No comments:

Post a Comment