Pelanggaran Panen Pada Perkebunan Kelapa Sawit - widiantoro

Salam pembaca setia

Batman Begins - Help Select

Artikel Terbaru

Friday 3 November 2017

Pelanggaran Panen Pada Perkebunan Kelapa Sawit

Salam sahabat tani… setelah kita penuhi syarat perlengkapan keselamatan dan kesehatan kerja kini kita lanjut dengan pembahasan tentang peraturan yang menjadi pelanggaran panen buah kelapa sawit. Baik pelanggaran yang sering dilakukan pekerja dengan sengaja ataupun tidak.

Terdapat 8 aspek pelanggaran panen buah kelapa sawit. Beberapa diantaranya sering dilakukan oleh pekerja. Pelanggaran yang terjadi dapat memicu peningkatan kerugian secara ekonomis. Brikut 8 aspek pelanggaran panen buah kelapa sawit.

Pelanggaran Panen
Ø Panen buah mentah
Ø Berodolan tidak dikutip
Ø Buah matang tidak dipanen
Ø TBS dipanen, tapi tidak diangkut keTPH
Ø Pelepah Tidak disusun digawangan Mati
Ø Buah lewat matang tidak dipanen
Ø Pelepah tidak diturunkan
Ø Ganggang panjang
Dari keterangan diatas, terlihat dampak pelanggaran akan mengakibatkan kerugian dari berbagai sudut. Kerugian lain yaitu bagi para pelaku kerja dikemudian akan mengalami banyak sekali kesulitan yang akan memperlambat proses-proses kerja bagi mereka sendiri, misalkan pelepah tidak disusun digawangan mati maka akan menyulitkan langkah mereka untuk tahap panen berikutnya.

Dari kerugian diatas, diperlukan solusi untuk mengurangi pelanggaran panen buah kelapa sawit. Yaitu dengan pengaasan yang ketat pada para pekerja, atau dengan metode ditetapkan sanksi pada para pelaku pelanggaran itu sendiri, agar mereka dapat bekerja sesuai dengan SOP dan menciptakan hasil kerja yang maksimal. Semoga bermanfaat. Terimakasih…


No comments:

Post a Comment