Cara Membuat Email Dengan Langkah Mudah - widiantoro

Salam pembaca setia

Batman Begins - Help Select

Artikel Terbaru

Monday 25 September 2017

Cara Membuat Email Dengan Langkah Mudah

Seperti kita ketahui cara membuat email itu tidak sulit tapi beberapa orang yang baru mengenal dunia maya atau dunia internet pasti banyak yang belum mengetahui caranya. Kali ini saya akan mengupas tuntas lewat artikel ini. Artikel ini sendiri saya buat ntuk berbagi pengetahuan untuk teman-teman atau adik-adik yang masih kurang faham bagaimana cara membuat email.

Kenapa harus membuat email dan bagaimana cara membuatnya? Pertama kita harus tahu apa itu email. Email adalah salah satu sarana yang wajib kita miliki untuk menopang kita ketika melakukan kegiatan di internet. Misalnya ketika kita ingin membuat akun media social seperti di Facebook, Twitter, atau Google plus, pasti situs media sosial tersebut akan meminta alamat email kita, atau ketika kita ingin belanja di toko online, pasti mereka akan menanyakan alamat email kita. Selain itu fungsi email ini sendiri adalah sebagai alat komunikasi, atau bisa diartikan (surat elektronik) dan bisa juga sebagai identitas online seseorang.

Akun email itu sendiri dapat kita miliki secara gratis ataupun berbayar, dan di artikel ini saya akan membagikan bagaimana cara buat email secara gratis. Kalau ada yang gratis kenapa mesti bayar. Beberapa penyedia layanan email gratis yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah Gmail.com, Yahoomail.com, dan Hotmail.com.

Langsung saja kita mulai untuk pembahasan kita, yaitu bagaimana cara membuat email dengan layanan Gmail.com, Yahoomail.com, dan Hotmail.com, dan langkah-langkanya adalah sebagai berikut :

Pertama kita akan membuat emil melalui layanan Gmail.com.
Pasti timbul pertanyaan pada benak kalian, apa itu Gmail.com. Gmail.com adalah salah satu situs yang menyediakan layanan membuat email secara gratis yang bersumber dari google, bukan hanya Gmail saja yang dimiliki oleh situs Google, ada juga Google maps, Google crome, Google play dan masih banyak sekali situs-situs lain yang nantinya akan kita ketahui atau layanan tersebut yang akan menawarkannya sendiri karena seringnya kita menjadi pengguna. Saya rasa penjelasan singkat diatas cukup untuk kita melanjutkan pembahasan kita bagaimana cara membuat email di Gmail.com. Silahkan anda aplikasikan langkah-langkah dibawah ini :

1.   Masuklah kedalam mesin pencari pada perangkat anda, lalu masukkan kata kunci Google mail.
 “buat akun gmail “
2.   Maka akan tampak tampilan seperti dibawah ini. Lalu klik “create an account” atau “membuat akun” seperti yang berada didalam tanda panah kanan.

 3.  Dan akan diarahkan seperti gambar dibawah ini
4.  Anda akan diarahkan kehalaman baru. Dan diminta untuk mengisi data diri anda pada kolom-kolom yang telah disediakan pada halaman pendaftaran dengan data anda tanpa ada kolom yang tertinggal.


Nama : isi dengan nama lengkap anda pada dua kolom yang tersedia.
Pilih nama pengguna anda : silahkan isi dengan alamat email yang anda inginkan. Contohnya (paijoprasetio@gmail.com).
Buat sandi :buat password, isi kolom sandi dengan kombinasi huruf yang tidak mudah ditebak, tapi mudah anda ingat.
Konfirmasi sandi anda : ulangi masukkan sandi yang telah anda buat sebelumnya.
Tanggal lahir : isi dengan tanggal lahir, bulan, dan tahun kelahiran anda yang sesuai.
Gender : pilih yang sesuai  dengan jenis kelamin anda.
Ponsel : isi dengan no hp yang anda gunakan untuk keamanan akun anda.
Alamat email saat ini : pada kolom ini bisa anda biarkan kosong.
Lokasi : pilih sesuai dengan lokasi Negara tempat anda tinggal.
Jika anda sudah menyelesaikan dan mengisi semua kolom, silahkan centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari google. Klik tombol “Langkah berikutnya”.


5.   Dan pada halaman berikutnya klik tombol “ saya setuju “.
6.   Kemudian akan muncul tampilan Selamat dating! Yang selanjutnya anda klik “ Lanjutkan ke gmail “.


CATATAN : Beberapa orang mengatakan pada lagkah ini anda akan diminta memverifikasi akun gmail anda. Hal ini tidak selalu terjadi. Namum apabila anda mendapati hal ini, biasanya anda hanya perlu memasukkan nomor telepon anda pada kolom yang telah tersedia. Dan anda akan menerima SMS di HP anda berupa kode. Masukkan kode tersebut pada kolom, lalu klik “Lannjutkan“. Kemudian anda akann diarahkan pada halaman Selamat dating seperti gambar diatas.

Maka proses daftar Gmail yang anda lakukan telah selesai. Silahkan buka halaman email anda untuk mempelajari akun Gmail anda.


Semoga bermanfaat. Terimakasih…

No comments:

Post a Comment