Cara Mendidik Anak Menabung Sejak Dini - widiantoro

Salam pembaca setia

Batman Begins - Help Select

Artikel Terbaru

Saturday 2 September 2017

Cara Mendidik Anak Menabung Sejak Dini


Salam hangat pemirsa..Dunia pendidikan memang sangatlah penting.Namun memberikan pendidikan kepada anak tidak hanya disekolah melulu, pendidikan lain yang dapat kita ajarkan dirumah juga tidak hanya berupa materi pelajaran. Masih banyak lagi pelajaran lain yang bisa kita terapkan dirumah yang berguna untuk masa depan anak-anak kita.Salah satunya mendidik anak berhemat,yaitu  dengan cara mengajarkannya menabung sejak dini.

Coba pikirkan berapa lama anak-anak kita mengenyam dunia pendidikan mulai dari balita dia sudah memasuki sekolah yaitu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini),lalu masuk SD hingga meneruskan ke perguruan tinggi.Tentunya akan menghabiskan banyak sekali biaya yang akan dikeluarkan setiap harinya untuk uang jajan nya setiap hari, belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk pihak sekolah dan keperluan lain.Tentu akan sangat memberatkan bagi kita orang tua yang berpenghasilan pas-pasan.Apalagi kalau ditambah dengan sifat anak-anak yang boros.

Lalu bagaimana kita menanggapi permasalahan tersebut.Banyak cara yang dilakukan untuk menekan pengeluaran rumah tangga, teteapi tidak semua berhasil. Cara yang tepat untuk mengurangi masalah tersebut adalah mengajarkan anak-anak kita menabung sejak dini. Banyak cara menabung yang kita ketahui, bisa melalui bank atau koperasi.Tapi kali ini lebih sederhana dari pilihan tersebut, karena lebih mudah untuk diterapkan. Anak-anak sangat akrab dengan uang saku atau uang jajan, salah satunya     ang pao, yang biasa kita jumpai saat hari-hari besar keagamaan. Jadi itu bisa menjadi trik yang bisa kia pakai untuk mengajarkan kepada anak cara berhemat dengan menabung.

Cara menerapkan metode diatas memang harus telaten, kita sebagai orang tua harus membuat sendiri ang pao tersebut dari bahan-bahan yang tidak digunakan lagi misalkan :

·  Koran bekas
·  Berkas-berkas yang tidak terpakai
·  Atau kalender taun lalu dari pada dibuang begitu saja.

Lalu siapkan tempat untuk menyimpan ang pao yang akan disimpan. Bisa menggunakan kaleng bekas cat atau roti yang masih bisa digunakan.Dimulai saat hendak memberikan uang saku kepada anak,sisihkan Rp.1000 atau Rp.2000 dari uang jajan mreka sebelum memberikannya,kemudian masukkan kedalam ang pao yang sudah disiapkan dan mintalah anak untuk memasukkannya sebelum berangkat kesekolah. Tujuannya adalah untuk melatih anak menabung dan lakukan setiap hari agar anak terbiasa melakukannya hingga ia tumbuh dewasa.Semoga  bermanfaat bagi masa depan anak-anak kita.
Terimakasih...

No comments:

Post a Comment