Cara Tepat Pengendalian Gulma di Perkebunan - widiantoro

Salam pembaca setia

Batman Begins - Help Select

Artikel Terbaru

Thursday 5 October 2017

Cara Tepat Pengendalian Gulma di Perkebunan

Metode Pengendalian Gulma

Salam sahabat tani… semoga berkah selalu merahmati setiap keringat kita. Seharian kita lelah bekerja melewati teriknya sang mentari,itu sudah menjadi rutinitas yang mutlak kita jalani. Namun disamping itu selalu ada halangan yang meliputi setiap perjalanan kita, salah satu contoh di lapangan yang sering kita jumpai adalah hama pada lahan dan tanaman kita, yaitu gulma.
Pengertian dari gulma itu sendiri adalah setiap tumbuhan yang tumbuh tidak pada temptnya dan menyebabkan kerugian ekonomis. Dan hal ini selalu menjadi bagian dari setiap kegiatan kita di lapangan tentunya. Kerugian ekonomis meliputi :
·           Persaingan unsur hara, air, serta sinar matahari
·           Jadi inang hama dan penyakit
·           Merusak estetika
·           Dapat mengeluarkan racun (alelopati
·           Mengganggu aktivitas panen
·           Produksi tidak tergali maksimal.
Lalu bagaimana langkah yang harus kita tindak lanjuti dalam penanganan atau pengendalian tanaman yang bisa dikatakan sebagai hama tersebut. Dalam pembahasan kali ini kita memiliki beberapa langkah yang dapat kita lakukan. Dibawah ini akan saya paparkan secara rinci mengenai pengendalian gulma.
Cara Pengendalian
Untuk pengendalian jenis tumbuhan yang biasa juga disebut dengan tanaman parasit atau pengganggu bagi tanaman lain ini, dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :
·           Kimia
·           mekanis
Berikut ini pemaparan dari 2 cara pengendalian gulma, yang bisa anda fahami sekaligus anda terapkan bagi anda yang menemukan permasalahan serupa dengan materi yang telah kita bahas saat ini, silahkan anda simak penjelasan dibawah ini.
Pengendalian gulma secara kimia
Sasaran utama
gulma bulu babi (Clidemia hirta)
Jenis Herbisida
Racun Kontak
Bahan aktif
Paraquat
Dosis
75 cc/kap
Norma HK
2 Ha/HK

Pengendalian gulma secara mekanis
Sasaran utama
anak kayu
Norma HK
1 Ha/HK

Kedua cara dari uraian diatas, sangat efektif dilakukan untuk mengendalikan gulma yang tumbuh. Dengan dilakukannya pengendalian seperti diatas dapat menekan segala resiko kerugian ekonomis yang disebabkan dari tumbuhan tersebut.

Untuk menentukan penanganan yang sesuai dengan kebutuhan dari keadaan dan kondisi. Lakukan penanganan sesuai dengan sikluk perkembangan tumbuhan gulma itu sendiri. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam cara pengendalian gulma.

Terkimakasih kepada oknum yang bersedia membagikan materi yang sangat berguna ini kepada saya dan pembaca blog ini sekalian. Saya harapkan, tulisan dan sedikit coretan dari saya, dapat memberikan sesuatu yang berguna dan mengenai sasaran yang tepat sesuai dengan apa yang saya harapkan dari awal. Semoga bermanfaat. Terimakasih…
Sumber materi : Presentasi Magang
AFD 1
Oleh
Muhammad Edi Supredi
Safitra Saragih R
Yusuf Suseno

No comments:

Post a Comment