Inspirasi Pemuda Creative Berkembang Secara Individu - widiantoro

Salam pembaca setia

Batman Begins - Help Select

Artikel Terbaru

Tuesday 3 October 2017

Inspirasi Pemuda Creative Berkembang Secara Individu

Salam hangat pemirsa... berawal dari sebuah cerita yang meriwayatkan kisah nyata dari perjalanan hidup  yang ia lalui, menjadikan dirinya sesosok inspirator yang sangat berpengaruh bagi lingkungan dan kerabat disekitarnya, terutama bagi dirinya sendiri.

Mengawali kisah, pemuda ini memiliki sifat yang aneh dan berbeda dibandingkan dengan kebanyakan pemuda pada umumnya. Kepribadian yang selalu memandang setiap hal dari sudut yang berbeda, membuatnya selalu berpikir untuk tidak selalu sejalan dengan argument yang dia dengar bahkan jika dipakai ribuan atau jutaan orang sekalipun, dia akan tetap menyangkalnya jika dalam pemikirannya memiliki celah dari argument yang diakui umum tersebut meski tidak lebih kuat sekalipun.

Disini sifatnya tidak menunjukan rasa harga menghargai tentunya, bagi teman-teman dekatnya, hal ini sangatlah tidak asing karena memang terkadang apa yang tidak dikemukakannya memang tidak terpikir oleh orang-orang diluar sana. Sebagai contoh : jika semua orang seumurannya berpikir untuk bekerja agar mendapatkan gaji dan membeli apa yang mereka inginkan, tetapi baginya mendamaikan hati dirumah lebih menguntungkan untuk segala kebutuhannya.

Orang yang suka pergi berjalan-jalan keluar kota atau bahkan ke luar negeri sekalipun, atau bahkan orang-orang yang kerap pergi merantau meninggalkan kampong halaman dengan tujuan mencari kerja untuk merubah kehidupan agar lebih baik atau biasanya mereka kerap berbicara mencari pengalaman hidup, itu tidak berarti apa-apa baginya. Karena menurutnya bukan masalah tempat dan seberapa jauh jaraknya yang akan menentukan pengalaman seseorang tapi dari sudut pandang yang mana dan bagaimana ia menilai dan bukan melihat.

Ada sebuah tes logika yang teramat sering digunakan oleh para motivator, dan ini selalu ia terapkan sebagai pedomannya untuk merubah setiap cara melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Sebagai contoh sederhana. Misalkan ada sebuah kotak yang akan saya gambarkan :

















Menurut yang anda lihat ada berapa jumlah kotak yang ada pada gambar diatas ?
Jika anda menjawab 16, maka jawaban anda benar, karena disini tidak diminta anda menjawab dengan benar atau salah, ini hanya sebuah gambaran untuk sedikit mencolek logika anda. Hampir 95% orang yang dihadapkan dengan gambar dan pertanyaan ini akan memberikan jawaban yang serupa dan sama persis.

Karena jumlah kotak kekanan 4 dan kebawah juga 4 tentulah jumlahnya adalah 16. Tetapi itu menurut pandangan klassik 95% orang yang memiliki jawaban sama persis. Dan tidak bagi penilaian seorang pemuda yang ada dalam cerita ini. Bagaimana jika pemuda ini menjawab jumlah kotak pada gambar diatas adalah 21. Bagaimana bisa demikian dan kenapa, kenapa tidak terpikir oleh kita semua ?

















Singkat saja warna pada gambar saya perjelas untuk merincikannya. Silahkan anda hitung kembali kotak diataas, sekaligus dengan setiap kotak yang ada pada garis merah. Itulah salah satu contoh bagaimana kita harus memiliki sudut pandang yang berbeda dari setiap hal yang kita alami.

Kesimpulannya adalah “sejauh Apapun kamu melangkah tidak akan berarti Apapun keculai kamu hanya melihat dirimu sendiri. Begitu juga kamu dapat mengukur dirimu jika kamu memiliki pandangan yang lebih luas. Semoga bermanfaat. Terimakasih...


No comments:

Post a Comment