Tips Agar Kita Rajin Beribadah - widiantoro

Salam pembaca setia

Batman Begins - Help Select

Artikel Terbaru

Tuesday 29 August 2017

Tips Agar Kita Rajin Beribadah

7 Tips Agar Kita Rajin Beribadah

sujud dan bertasbih...
Asalamualikum...
Salam satu iman saudaraku...Bertajub do’a beriring salam,seraya mengharap atas segala keridhaan dariNya. “Tak ada kesalahan yang lebih buruk kecuali tidak pernah memohon ampun kepadaNya”. Dalam kesempatan kali ini, saya akan membagikan sesuatu yang mudah-mudahan berman faat bagi kita semua.

Beribadah memanglah sesuatu yang sangat ikrar untuk sarana setiap insan berinteraksi dengan penciptaNya. Baik kita sebagai mislim ataupun non muslim, memiliki cara beribadah yang berbeda-beda. Secara global, beribadah memiliki arti yang sangat luas. Didalam islam beribadah artinya menjalankan perintah dan manjauhi setiap larangan serta mendekatkan diri kepada sang pencipta yaitu Allah SWT. Tapi kebanyakan dari kita masih jauh dari ketaatannya.

Melihat dari sudut pandang secara umum, sebagian dari kita yang lemah imannya memag sangat malas untuk beribadah, padahal bukan karena kita tidak tau caranya atau tidak ada tempat dan waktu untuk beribadah karena pekerjaan atau kesibukan yang sangat padat, Tapi karena malas dan niat kita yang belum tertanam dari hati yang paling ikhlas, bisa juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan kebiasaan kita. Padahal salah satu jalan yang sangat dianjurkan untuk berinteraksi dengan Allah adalah taat beribadah. Meskipun kerja juga bagian dari ibadah kita, namun itu bukan bagian dari konteks beribadah yang akan kita bahas.

Untuk memotivasi diri kita agar rajin beribadah, akan saya uraikan dalam rangkuman dibawah ini :

v Niatkan diri kita

Segala sesuatu yang akan kita kerjakan hendaklah diawali dengan niat yang tulus karena Allah, agar apa yang kita dapat nanti akan menjadi berkah bagi diri kita dan orang lain. Dan dimudahkan segala proses dan perjalanan yang akan kita kerjakan.

v Pelajari setiap manfaat dari ibadah kita

Tentunya sangat manusiawi, jika setiap manusia berfikir apa yang akan didapat setelah apa yang dia kerjakan. Begitu juga saat kita hendak mengerjakan ibadah, pastinya kita harus tau apa sih keutamaan dari ibadah tersebut. Dan itu yang akan mmotivasi kita untuk terus mengerjakannya, tapi percayalah” tidak ada sesuatupun yang akan sia-sia kecuali tidak kita kerjakan”.

v Paksakan diri kita untuk melakukannya

Akan lebih mudah melakukan kebiasaan dari pada sesuatu yang harus dipaksakan, itu sudah pasti. Namun jika kita ingin merubah diri menjadi pribadi yang lebih baik dalam urusan beribadah, hal ini memang harus sangat dipaksakan. Lawan setiap rasa malas yang menghasut kita hingga nantinya akan menjadi kebiasaan dan dengan senang hati kita melakukan kebiasaan tersebut

v Jangan menunda untuk mengerjakannya

Kebiasaan yang sering membuat kita malas beribadah adalah menundanya hingga akhirnya kita meninggalkan kesempatan tersebut dan begitu seterusnya.”Dalam hal apapun kegagalan dan kesalahan terbesar adalah saat kita menunda untuk mengerjakannya”.

v Buatlah program untuk jadwal beribadah

Prioritaskan waktu yang khusus pada setiap jam tertentu untuk kita beribadah. Misalnya membuat agenda harian pada kalender, dengan cara menandainya, lalu periksa kembali setiap satu minggu atau waktu tertentu. Maka dari situ kita dapat memonitori diri kita sendiri dari upaya kita meningkatkan ketaatan dalam beribadah.

v Pilih lah teman bergaul

Lingkungan sangat mempengaruhi kepribadian dan pola pikir setiap manusia. Termasuk cara bergaul dan dengan siapa kita sering berinteraksi. Pilihlah teman yang juga rajin beribadah dan mengarah kedalam hal-hal berkebiasaan beribadah, agar kita temotivasi dan ikut terarah didalamnya. Itu juga bisa mendukung program kita meningkatkan ketaatan dalam beribadah.

v Ikuti acara-acara kajian beribadah

Dalam diri kita terdapat jaringan otak dan hati yang sanga sinkron dengan apa yang kita saksikan. Dengan sering mengikuti kajian-kajian dalam beribadah akan memancing dan melatih diri kita untuk giat beribadah. Karena alaminya pemikiran kita menyaring kebiasaan-kebiasan tersebut.

Setiap yang kita kerjakan tentulah selalu mengharap segala keridhoan dari yang maha kuasa. Semoga apa yang saya bgikan bisa momotivasi kita semua untuk lebih baik lagi dalam hal beribadah. Aamiiin...
Terimakasih...
Wassalamualaikum...

No comments:

Post a Comment