Cara Cepat Membuat Baglog Jamur - widiantoro

Salam pembaca setia

Batman Begins - Help Select

Artikel Terbaru

Wednesday 16 August 2017

Cara Cepat Membuat Baglog Jamur

Cara Cepat Membuat Baglog Jamur

Salam sahabat tani...Apakah Baglog jamur itu? Baglog adalah media yang digunakan untuk budidaya jamur.Bahan dan komposisi dalam pembuatan media budidaya jamur perlu diperhatikan. Disini akan saya jelaskan secara rinci setiap ukuran bahan dan takaran untuk proses pembuatan baglog tersebut. Karena disinilah jamur-jamur itu akan memulai  pertumbuhannya. Dan  untuk menghindari resiko kegagalan dalam budidaya ini berikut adalah proses pembuatan baglog yang benar :

1.Memilih plastik pembungkus.

Memilih plastik pembungkus media jamur yang akan kita jadikan baglog.karna masih pemula mungkin lebih mudah untuk pemilihannya, karena tidak perlu menyesuaikan dengan alat apapun. Jadi bisa kita pilih plastik ukuran 2kg yang banyak disediakan dipasaran atau toko-toko terdekat.

2.Komposisi baglog.

Komposisi baglog yang terdapat dalam media tumbuh jamur  adalah :

ü Serbuk gergaji.
ü Kapur pertanian.
ü Dedak atau bekatul padi.
ü Dan air bersih.

Dengan takaran yang benar untuk pembuatannya. 1 karung serbuk gergaji sama dengan 3kg dedak lalu 0,5kg kapur. Sebaiknya terlebih dahulu kita lakukan penyaringan serbuk tersebut dengan cara pengayakan untuk mendapatkan serbuk yang baik,lalu dilakukan pengadukan hingga tercampur rata sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit saat pengadukan.Catatan penting dalam pengadukan adalah, adukan tersebut tidak boleh terlalu kering atau terlalu basah.Hanya perlu lembab saja. Setelah pengadukan selesai media harus didiamkan dan ditutup dengan plastik selama satu atau dua malam untuk proses pengomposan sebelum kemudian berlanjut kedalam tahap berikutnya.



Untuk selanjutnya ke tahap pembungkusan hingga menjadi baglog. Dalam proses ini bisa menggunakan alat manual atau alat seadanya. Misalnya dengan membuat pres dari ember bekas yang diukur menyesuaikan ukuran plastik yang akan kita pakai untuk membuat log.  






















Semoga bermanfaat bagi usaha anda. Terimakasih….

No comments:

Post a Comment